Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam Macam Sengketa Internasional: Pengertian, Jenis, dan Contoh

    Sengketa internasional terjadi ketika ada perbedaan pendapat atau kepentingan antara dua atau lebih negara yang dapat menyebabkan perselisihan atau konflik. Sengketa internasional dapat terjadi karena berbagai faktor, seperti politik, ekonomi, sosial, budaya, agama, hak asasi manusia, lingkungan, atau wilayah. Sengketa internasional dapat bersifat bilateral (antara dua negara), multilateral (antara banyak negara), atau regional (antara negara-negara dalam suatu kawasan).

Jenis Sengketa Internasional

Berdasarkan sifatnya, sengketa internasional dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

  • Sengketa hukum, yaitu sengketa yang berkaitan dengan pelanggaran atau penafsiran hukum internasional, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Contoh sengketa hukum adalah sengketa batas laut antara Indonesia dan Malaysia di Laut Sulawesi dan Laut Cina Selatan.
  • Sengketa politik, yaitu sengketa yang berkaitan dengan kepentingan nasional atau ideologi suatu negara. Contoh sengketa politik adalah sengketa nuklir antara Amerika Serikat dan Iran, atau sengketa Kashmir antara India dan Pakistan.

Contoh Sengketa Internasional

Berikut adalah beberapa contoh sengketa internasional yang pernah atau sedang terjadi di dunia:

  1. Sengketa Palestina-Israel, yaitu sengketa yang berlangsung sejak tahun 1948 hingga sekarang antara negara Israel dan bangsa Palestina mengenai status wilayah Palestina yang diduduki oleh Israel. Sengketa ini melibatkan isu-isu seperti pengakuan kedaulatan, hak pengungsi, pembangunan permukiman Yahudi, pembagian Yerusalem, dan keamanan regional.
  2. Sengketa Laut Cina Selatan, yaitu sengketa yang melibatkan klaim teritorial dan maritim dari beberapa negara di kawasan Asia Tenggara dan Timur, seperti Cina, Taiwan, Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, dan Indonesia. Sengketa ini berkaitan dengan kepemilikan pulau-pulau kecil dan karang di Laut Cina Selatan yang kaya akan sumber daya alam dan strategis secara militer.
  3. Sengketa Brexit, yaitu sengketa yang muncul akibat keputusan Inggris untuk keluar dari Uni Eropa pada tahun 2016. Sengketa ini menyangkut isu-isu seperti perjanjian perdagangan, perbatasan Irlandia Utara, hak warga negara Uni Eropa di Inggris dan sebaliknya, serta kerjasama keamanan dan pertahanan.

Cara Penyelesaian Sengketa Internasional

Negosiasi

Untuk menyelesaikan sengketa internasional, ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh para pihak yang bersengketa, yaitu:

  • Negosiasi, yaitu cara penyelesaian sengketa dengan cara berdialog secara langsung antara para pihak yang bersengketa tanpa melibatkan pihak ketiga. Contoh negosiasi adalah perjanjian damai antara Israel dan Mesir pada tahun 1979.
  • Mediasi, yaitu cara penyelesaian sengketa dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dan tidak memihak untuk membantu para pihak yang bersengketa mencapai kesepakatan. Contoh mediasi adalah peran Norwegia dalam proses perdamaian antara Palestina dan Israel pada tahun 1993.
  • Arbitrase, yaitu cara penyelesaian sengketa dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dan berwenang untuk memberikan putusan yang mengikat para pihak yang bersengketa. Contoh arbitrase adalah putusan Mahkamah Arbitrase Internasional mengenai sengketa Laut Cina Selatan antara Filipina dan Cina pada tahun 2016.
  • Adjudikasi, yaitu cara penyelesaian sengketa dengan melibatkan pihak ketiga yang netral dan berwenang untuk memberikan putusan yang mengikat para pihak yang bersengketa berdasarkan hukum internasional. Contoh adjudikasi adalah putusan Mahkamah Internasional mengenai sengketa batas laut antara Indonesia dan Malaysia pada tahun 2002.

Posting Komentar untuk "Macam Macam Sengketa Internasional: Pengertian, Jenis, dan Contoh"