Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Diminati di Dunia

    Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam dan hasil bumi. Berbagai komoditas ekspor Indonesia memiliki kualitas dan nilai yang tinggi di mata dunia. Tidak heran jika banyak negara-negara lain yang tertarik untuk mengimpor produk-produk dari Indonesia.

Kelapa Sawit

Berikut adalah 7 komoditas ekspor Indonesia yang paling diminati oleh negara-negara lain di dunia, beserta nilai ekspornya pada tahun 2020 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

  1. Kelapa Sawit. Kelapa sawit adalah komoditas ekspor Indonesia yang paling besar nilainya, yaitu sekitar 18,6 miliar dolar AS pada tahun 2020. Kelapa sawit digunakan sebagai bahan baku minyak goreng, sabun, kosmetik, biodiesel, dan produk lainnya. Negara-negara tujuan ekspor kelapa sawit Indonesia antara lain India, China, Pakistan, Belanda, dan Malaysia.
  2. Batubara. Batubara adalah komoditas ekspor Indonesia yang kedua terbesar nilainya, yaitu sekitar 14,5 miliar dolar AS pada tahun 2020. Batubara digunakan sebagai bahan bakar untuk pembangkit listrik, industri, dan rumah tangga. Negara-negara tujuan ekspor batubara Indonesia antara lain India, China, Jepang, Korea Selatan, dan Filipina.
  3. Minyak dan Gas Bumi. Minyak dan gas bumi adalah komoditas ekspor Indonesia yang ketiga terbesar nilainya, yaitu sekitar 9,8 miliar dolar AS pada tahun 2020. Minyak dan gas bumi digunakan sebagai bahan bakar untuk transportasi, industri, dan rumah tangga. Negara-negara tujuan ekspor minyak dan gas bumi Indonesia antara lain Singapura, Jepang, China, Korea Selatan, dan Australia.
  4. Karet Alam. Karet alam adalah komoditas ekspor Indonesia yang keempat terbesar nilainya, yaitu sekitar 4 miliar dolar AS pada tahun 2020. Karet alam digunakan sebagai bahan baku ban, sarung tangan, kondom, karet gelang, dan produk lainnya. Negara-negara tujuan ekspor karet alam Indonesia antara lain China, Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan India.
  5. Kopi. Kopi adalah komoditas ekspor Indonesia yang kelima terbesar nilainya, yaitu sekitar 1,2 miliar dolar AS pada tahun 2020. Kopi digunakan sebagai minuman yang populer di seluruh dunia. Indonesia memiliki berbagai jenis kopi yang unik dan berkualitas tinggi, seperti kopi luwak, kopi toraja, kopi gayo, kopi mandailing, dan lainnya. Negara-negara tujuan ekspor kopi Indonesia antara lain Amerika Serikat, Jerman, Italia, Jepang, dan Malaysia.
  6. Cokelat. Cokelat adalah komoditas ekspor Indonesia yang keenam terbesar nilainya, yaitu sekitar 1 miliar dolar AS pada tahun 2020. Cokelat digunakan sebagai bahan baku cokelat batangan, cokelat bubuk, cokelat susu, dan produk lainnya. Indonesia adalah produsen cokelat terbesar ketiga di dunia, setelah Pantai Gading dan Ghana. Negara-negara tujuan ekspor cokelat Indonesia antara lain Amerika Serikat, Malaysia, Singapura, China, dan India.
  7. Tembaga. Tembaga adalah komoditas ekspor Indonesia yang ketujuh terbesar nilainya, yaitu sekitar 0,9 miliar dolar AS pada tahun 2020. Tembaga digunakan sebagai bahan baku kabel listrik, pipa, perhiasan, dan produk lainnya. Indonesia memiliki cadangan tembaga yang besar, terutama di Papua. Negara-negara tujuan ekspor tembaga Indonesia antara lain Jepang, China, Korea Selatan, India, dan Filipina.

Itulah 7 komoditas ekspor Indonesia yang paling diminati oleh negara-negara lain di dunia. Komoditas-komoditas ini menunjukkan potensi dan keunggulan Indonesia dalam bidang perdagangan internasional. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Posting Komentar untuk "7 Komoditas Ekspor Indonesia yang Paling Diminati di Dunia"